Sabtu, 24 Maret 2012

TAKUT (Bukan Lagu Vierra)



Setiap makhluk pasti memiliki rasa takut, entah takut terhadap hal yang bisa terlihat maupun yang tidak dapat terlihat.
Salah satu penyebab ketakutan terhadap suatu hal itu adalah pengalaman di masa lalu yang tidak menyenangkan sehingga meninggalkan sugesti bahwa hal tersebut menjadi sesuatu yang menakutkan.




Menurut pakde Gugel, ketakutan adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman.
Sedangkan takut adalah suatu mekaniske pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. 

Takut atau ketakutan ini biasanya sering dikaitkan dengan yang namanya phobia.

Lagi-lagi menurut pakde Gugel, Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada suatu hal atau fenomena.

Setelah menyamakan pandangan terhadap pengertiannya, disini saya akan membahas beberapa hal yang menakutkan (bagi saya) *benerin dasi* tes..tes...satu...


Kecoa : Mungkin beberapa orang setuju sama gue, kalo kecoa atau kecoak atau coro itu memang menakutkan. Kenapa? Karena kecoa itu menjijikan, udah warnanya coklat tua, bisa terbang kemana-mana lagi. emang sih sampe sekarang ga pernah ngeliat ada kecoa bertaring atau berkuku panjang, tapi tetep aja kecoa itu menjijikan. Liat aja daerah dia maen, kalo ga di kamer mandi pasti di tempat kotor. 

Cicak : Ini salah satu hewan yang selalu gue dan Shinta hindari. Kalo lagi diem di satu tempat trus kedengeran suara cicak yang seperti ........ kalian tahu lah maksud gue ....... kita berdua pasti langsung nyari, dan berusaha menjauh dari makhluk itu. Entah seberapa hina mereka bagi kami. Cicak itu menjijikan karena warnanya pucat, trus lembek-lembek gitu. Malahan gue lebih berani megang ular dari pada cicak, meskipun sama-sama lembek, tapi kalo ular lebih keliatan GEDE nya. Trus cicak kalo jatoh ga nyante, kaya ada barang lunak jatoh kelantai (yaeyaaaaalaaaaah) -__- Pokonya intinya cicak menakutkan karena menjijikan.

Pengamen bertopeng : Nah ini, mungkin termasuk kedalam jenis Fobia bagi gue. Pengamen bertopeng yang gue maksud adalah orang yang nyanyi atau ngamennya pake topeng, biasanya sih kalo ngga topeng gorila, ya topeng teletubies. Keluarga gue baru tahu kalo gue takut banget sama makhluk ini pas gue mulai kuliah dan hidup di Depok. Pas SMA gue ga bareng mereka, lagi pula di Majalengka (tempat gue singgah selama 3 tahun) itu gue ga pernah liat ada pengamen kaya gitu. Sering banget kalo lagi di rumah, trus tiba-tiba gue denger ada suara musik atau kecrekan, secara reflek gue langsung buru-buru nutup pager dan pintu.  Itu cara gue ngehindarin penampakan makhluk itu di depan rumah . Tapi, dulu gue pernah nangis gara-gara kedatangan makhluk itu. Saat itu gue yang lagi baik hati dan tidak sombong menawarkan diri untuk nyuciin motor yang udah nangkring di depan rumah. Tanpa minta imbalan seperti biasanya. Ditemani oleh satu makluk kecil yang bernama Billy (adik gue), lagi enak-enaknya nyuci motor, tiba-tiba ada suara musik dari belakang gue (posisi gue ngebelakangin jalan) perasaan mulai ga enak. Nengok ke sumber suara dengan perlahan. jengjeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeng......... 
Gue syok, kaki mulai lemes, jantung berdetak kencang, darah mengalir deras. 
"Maaaaah" gue cuma bisa manggil ibu gue dan perlahan tapi pasti gue berjalan kedalam. Mata gue mulai berair. ternyata gue nangis. Akhirnya gue bilang ke keluarga yang lagi pada ngumpul di depan tivi, kalo gue takut banget sama makhluk itu. Mereka ketawa bahagia, apalagi si Billy, dia bahagia banget ngeliat kakaknya nangis sambil nyender ke lemari (kaki gue lemes banget). Ini bener-bener pengalaman yang paling menyakitkan bagi gue.
satu pesan dari gue "TOLONG JANGAN GANGGU SAYA DENGAN TOPENG ANDA!!!"

Ikan goreng yang diangetin : Aneh ya? Tapi ini beneran, serius, ga becanda, dan ga bohong. Sebenenya bukan cuma ikan, tapi lauk lain yang udah diangetin gue takut. Kenapa? Ini gara-gara kejadian Ibu gue yang suka banget ngangetin ikan yang dimasak kemarin sore. Gue yang termasuk pecinta ikan ini, dengan lahap menyantap ikan yang baru diangetin itu. Pas lagi mau makan sambil nonton, tiba-tiba gue ngeliat sekumpulan makhluk kecil berwarna putih yang sedang joget-joget di dalam kepala ikan yang ada di piring gue. Secara tenang gue mengamati makhluk kecil itu untuk beberapa detik dan secara cepat gue langsung memuntahkan semuanya sambil nangis. Gimana enggak, gue berasa makan makanan yang dari tong sampah tau ga? Ini kesalahan gue juga sih, soalnya Ibu gue selalu bilang "tutup makanannya, ntar ada lalet!" dan gue selalu acuh dengan omongan itu, DAAAAAN jadi aja kejadiannya kaya begonoh. Sampe sekarang, gue masih geli kalo ngeliat ikan goreng.

Keponakan : Keponakan yang gue maksud adalah keponakan gue yang cewe. Dia baru 1 tahunan, tapi dia udah punya keahlian unik, yaitu menggigit makhluk cantik seperti gue. Dia hobi banget gigit gue, sakitnya juga ga main-main. lebih parah gigitan dia dibanding gigitan semut. Di rumah gue udah beberapa orang yang telah menjadi korban keganasan anak itu. Bahkan abangnya yang bernama Taqiy pernah sampe nangis dan ga mau deket-deket sama dia. Bayangin aja, orang lagi diem nyante ada anak kecil yang cantik nan imut menghampiri. Tapi ternyata kecantikannya hanya kedok belaka, tanpa kita sadari dia sedang mengamati mangsanya, jika mangsa sedang lengah secara cepat dia menggigit mangsa tersebut. dan terdengarlan suara jeritan.
"AAAAAAAAAAAAAAAA..........JORAAAAAAAAAAA.........!!!!!!"
Aozora Zahra El-Haqiy si monster kecil


Ibu : Satu kalimat untuk penjelasan di point ini. Emak gue nakutin banget kalo udah marah, "kalo Mamah udah marah galon aja bisa dimakan" (kata mantan calon kakak ipar). 


Pesan gue adalah, Jangan dikalahkan oleh ketakutan dan jika ketakutan itu sudah teramat sangat, jangan biarkan ketakutan menghambat kehidupan anda. 



Ini yang aku takutin, kamu apa? #kepo
salam nenek joged gayung. 

24 komentar:

  1. yap... cicak... hewan ter'kampret yang pernah masuk ke dalem celana gue kampret nya lagi merayap di........ *isi sendiri*

    BalasHapus
  2. iissshhhh, cicaknya cewek atau cowok tuh yak. hmmmm

    BalasHapus
  3. Fix !!
    cicak : Hewan yang pernah jatoh tepat di muka gue dan sukses buat gue panik..
    Kecoa : hewan dedebah yang pernah gue temuin dalam gulungan karpet yang udah lama kagak dipake, you know what ? ada lebih 20 ekor bersarang di dalem karpet itu, sekai lagi sukses buat gue panik dan jerit2 kayak banci dikejar pol pp Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah, cicak nya modus banget tuh, pake nemplok di muka.
      gue jadi curiga, jangan-jangan di rumah lo ternak kocoa ye? :D

      Hapus
  4. Ngakak ampe guling depan belakang baca komentar pertama
    *salah FOkus*

    BalasHapus
  5. nah lo sepupu jadi phobia juga *ngakak


    kalau gw darah
    :-P

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga termasuk pobia ko, cuma takut aja :)
      wah, darah. ribet dah klo istri lagi haid

      Hapus
    2. Loh apa hubungan nya sama haid yah ?? ada juga ribet kalau suatu saat istri melahirkan haha,,

      Hapus
    3. kan haid dulu baru ngelahirin. tau-tau istrinya tembus kan

      Hapus
  6. yang pengamen itu, haha temen aku jg fobia bgt ama pengamen bertopeng itu. Waktu itu prnh aku minta dianterin sampe rmh, tp baru nyampe gang depan temen aku udh berentiin motornya. Pas aku tnya knp, eh dia udh nangis smbl blg 'gue takut taa' akhrnya, dia lngsng plg dan aku diturunin di dpn gang deh.

    BalasHapus
  7. walah disini jg ngomongin topeng ihihi...
    sering tuh liat yg ngamen pke topeng,,ampun deh,,serem jdnye heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang serem, lagian itu pengamen kayanya ga pede banget punya muka. pake topeng segala *curhat lagi

      Hapus
  8. Saya paling takut (geli) dengan kodok. Hiiii

    Cucu Hermawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kodok yang warna gelap dan kulit geradagan khususnya

      Hapus
  9. kecoa itu makhluk yg paling pengen gw lenyapin dari dunia ini. apalagi yg bisa terbang. aaarrrrgghhh.. menjijikan bgt deh tuh makhluk satu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SETUJUUUUUUUUUUUUUUUUU
      *angkat spanduk*

      Hapus
  10. gile keponakan lu sedahsyat 'Tomcat' ya? :D

    BalasHapus
  11. agak absurd gitu-____-"a
    kalok gue takut ama bencong.. sumpah...itu horor abis..

    sori baru bisa komen....
    captcha lu nyusahin T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. rata-rata cowo emang takut bencong

      Hapus
    2. lu bencong bukan? kalok iya..berati gue takut~ #eh

      Hapus
    3. brarti kalo gue ga ngasih tau klo gue bencong lo ga takut ya?
      okeh *penyamaran berhasil*
      HUAHAHAAHAHAHAAAAAAA *ketawa banci*

      Hapus

silahkan tinggalkan jejak anda ^.^b

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...